Inovasi E-Proposal & E-Perumahan

Latar Belakang E-Proposal & E-Perumahan

Saat ini di Kalimantan Tengah, banyak terdapat infrastruktur seperti jalan dan drainase yang memerlukan perhatian dari pemerintah daerah.
 
Akan tetapi keterbatasan personel pemerintah daerah dalam melakukan pendataan lapangan menyulitkan untuk mengumpulkan data dan kebutuhan kolektif masyarakat akan peningkatan infrastruktur jalan dan drainase secara komprehensif. Belum lagi ditambah dengan jarak dan waktu dari masyakarat ke dinas untuk melaporkan dan mengusulkan kebutuhan peningkatan infrastruktur.

Kemudian, disamping itu adanya kebutuhan tempat tinggal atau rumah di masyarakat  juga cukup tinggi, namun informasi perumahan yang dibangun oleh developer perumahan juga terbatas di media cetak atau iklan media sosial saja.



Maksud E-Proposal & E-Perumahan

E-Proposal
Adalah aplikasi berbasis web yang menampung aspirasi dan proposal dari masyarakat atau pihak lain baik secara pribadi atau kolektif seperti peningkatan infrastruktur jalan, jembatan, drainase dan perbaikan rumah yang ditujukan ke dinas. Dimana aplikasi ini juga akan merangkum proposal yang masuk dalam bentuk rekap sehingga dinas dapat dengan mudah mengumpulkan data.

E-Perumahan
Merupakan katalog digital perumahan yang menampilkan gallery perumahan untuk memudahkan masyarakat dalam pencarian penjualan perumahan yang telah dibangun developer.

Tujuan E-Proposal & E-Perumahan

Melihat dari permasalahan di atas, maka dari itu diperlukan fasilitas
yang menjembatani pendataan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

  1. Menjembatani kebutuhan fasilitas usulan/proposal peningkatan infrastruktur jalan dan drainase dari masyarakat secara kolektif ke pihak dinas serta pencarian kebutuhan perumahan yang telah dibangun oleh developer perumahan.
  2. Untuk mengumpulkan data/proposal kolektif masyarakat secara berkala dan komprehensif.
  3. Mempersingkat dan menghilangkan faktor penghambat pengumpulan data seperti jarak dan waktu.
  4. Mendapatkan gambaran umum secara keseluruhan baik secara data dan visual seperti photo akan kebutuhan peningkatan infrastruktur.
  5. Mempermudah dan menunjang dinas dalam pengolahan data secara digital dari data yang masuk.
  6. Memudahkan developer perumahan untuk memasarkan perumahan sekaligus memudahkan masyarakat dalam pencarian penjualan perumahan yang telah dibangun developer.
  7. Data dapat digunakan sebagai bahan diskusi dan pengambilan keputusan para stakeholder.

Techinal Support 

Untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam penggunaan E-Proposal dan E-Perumahan, kami menyediakan layanan dukungan teknis yang bisa dihubungi melalui layanan berikut

SMS/WA 
Email 
  • disperkimtan@kalteng.go.id
  • disperkimtankalteng@gmail.com
Media Sosial