Pemprov Kalteng Sosialisasi Rumah Sehat di Sampit

0
86

Kotawaringin Timur – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) sosialisasi penyuluhan dan pengawasan kualitas lingkungan sehat perumahan, di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kamis (4/10/2018).

“Kami sosialisasi dan juga penyuluhan rumah sehat dan juga lingkungan sehat guna kenyamanan masyarakat,” ujar Kepala Disperkimtan Kalteng Leonard S Ampung.

Pihaknya mendorong masyarakat agar dapat mandiri dan berswadaya guna meningkatkan rumah tinggal layak huni. Ini dilakukan guna kenyamanan dan keamanan masyarakat yang masuk dalam pemukiman kumuh.

Rumah layak huni ada beberapa kriteria. Yakni memiliki sarana sanitasi air bersih. Sehingga di sekitar rumah tersebut harus memiliki atau tersedia sarana air bersih.

“Begitu juga pembuangan limbah dan air kotor harus diperhatikan. Yang mana harus mengalir ke septic tank, agar tidak menimbulkan bau, dan juga mencemari air dan tanah,” kata Leonard.

Hal tersebut tentunya tidak secepat membalikkan tangan. Sehingga dengan sosialisasi tersebut lah mereka mengajak masyarakat agar selalu memperhstikan lingkungan mereka. Terutama dalam membangun rumah harus memperhatikan aspek-aspek tersebut.

“Yang pasti rumah sehat juga harus memiliki pencahayaan yang cukup dan juga sirkulasi udara cukup,” terang Leonard.

Di Sampit banyak rumah yang berdempetan, dan tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup. Sehingga ini yang mereka perhatikan dan memberikan masukan kepada warga.

“Jadi kami sengaja langsung sosialisasi di daerah kumuh Kecamatan Mentawa Baru Ketapang ini. Agar bisa langsung mengena terhadap masyarakat,” terang Leonard. (MUHAMMAD HAMIM/B-5).

Sumber

Artikel Terkait  Kadis Perkimtan Provinsi Kalimantan Tengah Pasang Peneng BSPS T.A 2019

Mari berdiskusi dengan baik