Kunjungan Pembelajaran Implementasi SPM Bidang Perumahan Rakyat dan Penanganan Kawasan Kumuh 

0
11

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Kalimantan Tengah di bawah pimpinan Kepala Dinas, Bapak Erlin Hardi, ST terus melakukan peningkatan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat dan pada kesempatan ini Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Ibu Eridani, ST.,MT beserta rombongan melakukan Kunjungan Pembelajaran terkait Implementasi SPM Bidang Perumahan Rakyat dan Penanganan Kawasan Kumuh  tepatnya di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Kamis (26/6/2024).

Pertemuan dilaksanakan di Gedung Kantor dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah Ir. Arief Djatmiko, MA. Untuk sesi paparan program dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah dipimpin oleh Sekretaris Dinas Bapak Nova Adiwidanto,S.Hut.,M.Si beserta jajaran Kepala Bidang. Program unggulan yang dipaparkan untuk program implementasi SPM adalah program “Tuku Lemah Oleh Omah” (Beli Tanah Dapat Rumah). Pelaksanaannya melalui kelompok masyarakat yang membeli tanah, lalu Disperakim Jateng yang membangunkan rumahnya. Dan untuk Rehabilitasi Rumah Korban Bencana, bantuan diberikan berdasarkan tingkat kerusakan rumah. Dalam Penanganan Kawasan Kumuh, Disperakim Jateng melakukan intervensi program berdasarkan score dari 7 indikator kumuh. Selanjutnya Rombongan dari Disperkimtan Kalteng juga melalukan Peninjauan lapangan, yaitu yang pertama dilakukan di Kawasan permukiman Kumuh Desa Kismoyoso Kec. Ngemplak Kab. Boyolali yaitu intervensi pembangunan TPS 3R, karena pada kawasan kumuh tersebut score kumuh yang tinggi adalah masalah pengelolaan persampahan dan pada kunjungan lapangan yang kedua adalah kunjungan ke lokasi pembangunan Rumah, Relokasi Program Provinsi di Kampung Blangkon, Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Artikel Terkait  Untuk Meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Perumahan Rakyat, Disperkimtan Provinsi Kalteng Gelar Sosialisasi dan Pembinaan

Tujuan dari dilaksanakannya Kunjungan Pembelajaran ini adalah agar mendapat pembelajaran terkait Implementasi SPM Bidang Perumahan Rakyat dan Penanganan Kawasan Kumuh baik yang sudah atau yang sedang ditangani oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta melihat langsung hasil Penataan Kawasan kumuh Provinsi Jawa Tengah dan hasil penataan relokasi program pemerintah agar bisa menjadi referensi penanganan di Daerah Kalimantan Tengah dengan melihat regulasi/peraturan yang mendukung penataan Kawasan tersebut.