Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89, Bersatu Untuk Kalteng Berkah

0
160

Palangka Raya – Hari Sumpah Pemuda (HSP) diperingati tiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Seluruh elemen bangsa dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia turut merayakannya dengan berbagai kegiatan. Salah satu kota yang merayakan puncak acara Sumpah Pemuda ke-89 adalah ibukota provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 sekaligus dirangkai dengan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) bertempat di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya, pada hari Sabtu, 28 Oktober 2017. Upacara dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dan dihadiri perwakilan seluruh SOPD Provinsi Kalimantan Tengah, Organisasi Kepemudaan dan Ormas di Kalimantan Tengah.

Pegawai DISPERKIMTAN Kalteng mengikuti peringatan HSP ke-89

Upacara peringatan HSP ke-89 berlangsung khidmat, setelah pengibaran bendera merah putih sambil menyanyikan lagu Indonesia raya, dilanjutkan dengan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI, yang dibacakan oleh Wagub Kalteng, Habib Said Ismail menyampaikan bahwa 89 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 oktober 1928, sebanyak 71 orang pemuda dari seluruh penjuru tanah air mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Ikrar ini nanntinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 agustus 1945 . Presiden pertama RI, Bung Karno mengatakan “Jangan mewarisi abu Sumpah Pemuda, tapi warisilah api Sumpah Pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir.”

Selanjutnya pembacaan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928 dan teks Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) yang dibacakan oleh 4 orang perwakilan pemuda sebagai bentuk komitmen pemuda ambil bagian dalam menjaga keutuhan NKRI. Menariknya di barisan belakang pembaca teks, berdiri puluhan pemuda pemudi yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia yang juga turut mengucapkan teks IBAB.

Artikel Terkait  Program Infrastruktur PUPR Tahun 2019 Mendukung Pemerataan Pembangunan Untuk Pertumbuhan Berkualitas
Pembubuhan Tanda Tangan di Kain Putih Sepanjang 89 Meter

Diakhir acara sembari mendengarkan lagu-lagu nasional kebangsaan, puncak peringatan HSP ke-89 diwarnai dengan pembubuhan tanda tangan di kain putih sepanjang 89 meter oleh seluruh peserta yang hadir sebagai bentuk komitmen “Bersatu Untuk Kalteng Berkah”. (mif)

Mari berdiskusi dengan baik