Insan PUPR Harus Kuat, Berani, Berjiwa Seni, dan Berkompetensi

0
100

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono secara resmi membuka Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian PUPR formasi tahun 2017 , di Auditorium Kementerian PUPR, senin (5/1/18). Orientasi sebagai pembinaan awal CPNS formasi 2017 Kementerian PUPR mengangkat tema “Bina Generasi Muda Insan PUPR Dalam Mendukung Peningkatan Daya Saing Bangsa”.

Turut hadir dalam pembukaan orientasi CPNS Kementerian PUPR tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto. Disamping itu juga dihadiri oleh para pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR yakni Sekretaris Jenderal Anita Firmanti, Inspektur Jenderal Rildo A. Anwar, Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo, Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid, Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga, dan Kepala Biro Kepegawaian dan Ortala Asep Arofah.

Saat memberikan sambutannya, Menteri Basuki mengawali dengan yel-yel “Siapa kita?” yang dijawab “PUPR” oleh seluruh CPNS Kementerian PUPR yang hadir. Menteri Basuki menambahkan bahwa Insan PUPR harus kuat, berani, berjiwa seni, dan berkompetensi. Tidak cukup hanya berfikir pintar tapi anda juga harus punya akhlakul kharimah dalam team. Dalam bekerja dilakukan sepenuh hati dan tidak ragu karena merupakan amanat negara melalui Kementerian PUPR.

“Karena anda akan bekerja sebagai sebuah tim, maka kehadiran saudara harus memberikan rasa nyaman, aman dan bermanfaat bagi orang lain, terutama dalam tim nya sehingga tidak ada satu orang pun bisa mengklaim pekerjaan infrastruktur ini dengan hasil kerjanya sendiri,” ucap Basuki.

Kementerian PUPR tahun 2017 mendapatkan formasi CPNS sebanyak 1.000 orang terbagi menjadi formasi pendidikan, S-2 sebanyak 16 orang, S-1 sebanyak 885 orang dan D-3 sebanyak 99 orang. Seluruh formasi di peruntukan untuk mengisi 5 jabatan khusus untuk bidang PUPR, yaitu Jabatan Fungsional Teknik Perairan, Teknik Jalan dan Jembatan, Teknik Tata Bangunan dan Perumahan, Teknik Penataan Lingkungan serta Bina Jasa Konstruksi.

Artikel Terkait  Pemda Diminta Penuhi 3 Syarat Ini Jika Ingin Dapat Bantuan Perumahan dari Pemerintah

Menteri PANRB, Asman Abnur juga dalam sambutannya berpesan kepada seluruh CPNS Kementerian PUPR, kemajuan bangsa harus dimotori oleh PNS yang profesional, yang punya kemampuan tinggi, dan punya intregritas yang tinggi. Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini harus memiliki jiwa Entrepreneur yang berdasarkan Manajemen Kinerja secara jelas terhadap setiap unit dan target yang akan dihasilkan. Selain itu, ASN juga harus memiliki jiwa Hospitaly sebagai pelayan publik yang dituntut memiliki sikap dan perilaku yang melayani dengan baik.

Selain itu Kepala Biro Kepegawaian dan Ortala, Asep Arofah menambahkan dengan diadakannya pelaksanaan pembinaan awal kepada seluruh CPNS wajib mengikuti kegiataan pembinaan awal CPNS. “Orientasi ini diadakan agar para CPNS siap bekerja sejak masuk pertama kali sebagai insan PUPR,”katanya.

Pelaksanaan pembinaan awal CPNS dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu pertama membekali orientasi atau pengenalan Kementerian PUPR dalam mengenali lingkungan kerja, tugas dan peran Kementerian PUPR serta mengintegrasikan tujuan-tujuan CPNS dengan visi Kementerian PUPR. Kedua, melakukan pembinaan perilaku dasar dalam mengenali prinsip pengelolaan PNS sejak mulai rekrutmen hingga pensiun serta pembentukan perilaku dasar sebagai warga negara Indonesia sebagai aparatur sosial negara dan sebagai insan PUPR.

Ketiga adalah pembinaan profesi yaitu pengenalan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang PUPR, kedudukan dan peran jabatan fungsional serta profesi keahlian sebagai pelaksana tugas pokok organisasi termasuk pola dan jalur karirnya serta pengenalan audit penyelenggaraan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat melalui on job training.

Pada tahapan keempat adalah aktualisasi kompetensi yang menyiapkan para CPNS agar mampu mengaktualisasikan kompetensi dirinya melalui publikasi hasil karya selama proses pembinaan awal CPNS. Akhir acara, Menteri Basuki secara simbolis memberikan SK CPNS dan menyematkan tanda peserta orientasi kepada 6 rekan CPNS terbaik. (Dms)

Artikel Terkait  Cipta Karya Terus Upayakan Capai Target Nol Persen Kawasan Kumuh Perkotaan pada 2019

Sumber