Disperkimtan Prov. Kalteng Usung Tema Tingang Kecapi Tamangung Dalam Pawai Budaya FBIM 2022

0
40

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Prov. Kalteng mengikuti Pawai Budaya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 yang diselenggarakan Pemerintah Prov. Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Prov. Kalteng. Rute Karnaval dimulai dari Bundaran Besar Palangka Raya – Jl. Yos Sudarso – Jl. M.H. Thamrin dengan Finish RRI Palangka Raya, Selasa (17/5/2022) sore.

Kontingen Disperkimtan yang membawa mobil hias warna warni dengan ornamen khas Dayak Kalteng dan Burung Enggang
Kontingen Disperkimtan yang membawa mobil hias warna warni dengan ornamen khas Dayak Kalteng dan Burung Enggang

Pelepasan Pawai Budaya FBIM 2022 dilakukan langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalimantan Tegah Edy Pratowo masing-masing didampingi isteri ditandai dengan pengibaran bendera start. Dalam pawai tersebut Dinas Perkimtan Prov. Kalteng turut berpartisipasi sebagai peserta di bawah binaan ketua Erlin Hardi dengan jumlah kontingen sebanyak 60 peserta.

Kontingen Disperkimtan yang membawa mobil hias warna warni dengan ornamen khas Dayak Kalteng dan Burung Enggang mendapat nomor urut peserta 053. Adapun Tema yang diusung adalah “Tingang Kecapi Tamangung Auh Panting Kacapi Tamanggung, Magah Penyang Kanahuang, Mamangun Lewu Tambun Bungai”. Artinya Kecapi merupakan alat musik tradisional Kalteng yang memiliki suara yang indah dan menyejukan hati. Dalam setiap alunan nada tersirat makna-makna yang menceritakan tentang bagaimana indahnya Kalteng baik Kawasan alamnya yang nyaman dan menyejukan hati yang merupakan rumah bagi masyarakatnya.

Suasana pawai semakin meriah saat para penari dengan cekatan membawakan tarian khas daerah Kalteng yang diiringi dengan instrumen dan lagu khas Dayak Kalteng. Erlin Hardi selaku Kepala Dinas Perkimtan mengapreasi kegiatan ini, yang sudah 2 tahun tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

“Kami segenap karyawan karyawati Disperkimtan, mengucapkan selamat hari jadi ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022. Dengan semangat dan harapan baru, Disperkimtan akan terus berusaha mewujudkan visi tersedianya lahan, kawasan permukiman dan perumahan yang layak huni bagi masyarakat di provinsi Kalimantan Tengah untuk mendukung Kalteng semakin berkah. Sekali lagi kami ucapkan selamat ulang tahun Kalimantan Tengah yang ke-65, SDM Bangkit, Kalteng BerAKHLAK Penuh dengan KeBERKAHan,” kata Erlin Hardi.

Artikel Terkait  Hari Perumahan Nasional 2018 : Momentum Wujudkan Rumah Rakyat Berkualitas

Dengan penuh semangat peserta pawai Disperkimtan tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan mengikuti pawai sampai rute terakhir di RRI Palangka Raya. (Ay/Foto:Asep)